Monday 30 March 2015

Resep Kue Bolu Kukus Sedap

Kue kukus merupakan salah satu jenis kue yang cara penyajiannya dengan metode pengukusan. adapun beberapa jenis kue kukus yang beredar di negara kita ini memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda beda,namun cara membuat kue kukus ini tetaplah sama, baik dengan menggunakan pengukus yang tradisional maupun menggunkan alat modern. Bolu Kukus ini juga merupakan jenis kue tradisional yang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak yang suka lho.. Dan Lagi apabila kita memiliki jiwa bisnis yang kuat, bolu kukus ini juga bisa menjadi tambahan penghasilan kita lho, apalagi jika kita sudah memiliki hobi masak khususnya memasak kue, baik itu kue yang modern, ataupun tradisional seperti kue bolu ini. Pengalaman saya tidak sedikit yang membeli kue ini ditempat tempat yang menjual jajanan tradisional atau jajanan pasar yang memang sangat banyak jenisnya. 
Kue Bolu Kukus Sedap
Gambar Kue Bolu Kukus

Oke jika bunda dirumah ingin mencoba membuat kue bolu kukus ini mungkin artikel mengenai resep kue bolu kukus berikut bisa sedikit memberi literatur untuk membuatnya sendiri dirumah bersama buah hati. Nah sekarang bagaimana sih sebenarnya cara dan resep untuk membuat Kue Bolu Kukus yang enak dan biar bisa mekar? Lalu Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat kue bolu kukus ini? Berikut ini adalah daftar bahan serta resep dan cara membuat kue bolus kukus yang saya ambil dari berbagai literatur.


Bahan untuk membuat Bolu Kukus:
  • 4 butir putih telur
  • 6 buah kuning telur
  • vanili bubuk sebanyak 2 saset(beli ditoko kue atau warung juga ada)
  • santan kental atau soda asli 1,5 gelas
  • tepung terigu kualitas baik 500gr(beli ditoko kue)
  • emulsifier 3 sendok makan(bisa dibeli ditoko kue)
  • baking powder 2 sdt (beli ditoko kue)
  • gula pasir setengah kilo
Nah diatas merupakan bahan untuk membuat kue kukus atau bolu kukus, semua bahan bisa dibeli ditoko kue atau swalayan banyak yang menjual bahan bahan kue bolu tersebut. Selanjutnya adalah tentang bagaimana cara membuat kue bolu kukus ini? berikut ini adalah step by step membuat kue bolu kukus ini.
  1. siapkan sebuah wadah yang cukup besar untuk mencampur tepung, vanili, dan baking powder, kemudian aduk rata dan sisihkan sejenak.
  2. kocok telur dan gula hingga mengembang, gunakan mesin atau dengan cara manual juga tidak apa apa.
  3. masukan emulsifier pada campuran telur dan gula tersebut tanpa menghentikan kocokan atau adukan pada campuran tersebut.
  4. masukan soda, namun turunkan kecepatan putaran mixernya, pastikan semua tercampur dengan rata didalam wadah tersebut.
  5. campurkan dua campuran adonan kue bolu tersebut kedalam satu wadah dan pastikan kembali agar keduanya benar benar tercampur rata dan tidak ada adonan kue yang menggumpal. Ini akan mempengaruhi hasil dari kue bolu kukus ini.
  6. jika ingin hasil dari kue ini berwarna warni maka bagi adonan ini kedalam beberapa tmpat kemudian berikan beberapa warna kedalam adonan tersebut, gunakanlah pewarna makanan,
  7. tuangkan adonan kedalam cetakan kue bolu yang sudah dilapisi dengan kertas seperti yang biasa kita beli itu, kertas tersebut juga bisa dibeli ditoko kue, bilang aja kertas untuk kue bolu kukus gitu pasti diambilkan sama pelayan toko kue tersebut.
  8. didihkan air pada dandang, untuk mengukus kue bolu kukus ini, kukus adonan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit sampai benar benar matang. jangan dibuka jika sekiranya kukusannya belum matang.
  9. Kue Bolu kukus sudah siap untuk disajikan dan disantap bersama keluarga.
Nah kira kira seperti itulah gambaran serta bahan bahan untuk membuat kue bolu kukus ini, mudah dan cepat namun tetap sedap untuk dinikmati, dan kembali lagi, jika memiliki jiwa bisnis yang baik, kue bolu kukus ini juga bisa memberikan penghasilan tambahan untuk keluarga kita, kan lumayan hanya dari beberapa kue bolu kukus yang cara membuatnya tidaklah sulit ini bisa menghasilkan pundi pundi rupiah untuk menambah uang jajan anak anak hehehehe. terima kasih telah membaca tulisan singkat tentang resep kue kukus yang sangat sederhana ini.

No comments:

Post a Comment