Monday 30 March 2015

Cara Membuat Kue Pisang Tradisional

Kue pisang tradisional merupakan jenis kue tradisional jawa dengan menggunakan bahan dasar tepung dan buah pisang sebagai isiannya. Kue jenis ini juga banyak dijual ditempat tempat penjualan kue tradisional atau lebih banyak dipasar. Kue ini lebih mirip dengan kue nagasari sih, namun yang membedakan kue pisang ini dengan kue nagasari adalah pada bagian penggunaan tepung itu sendiri.. jika kue nagasari(nogosari.bhs jawa) lebih condong menggunakan tepung beras, maka kue pisang tradisional ini menggunakan tepung hunkue. lalu bagaimana dan apa saja sih yang dibutuhkan untuk membuat kue pisang tradisional ini? berikut ini adalah daftar bahan sekaligus cara membuat kue pisang tradisional ini.

Bahan bahan kue pisang tradisiona:
  • 1 bungkus tepung hunkue
  • 10 buah pisang kepok tua (kukus matang)
  • 250gr gula pasir
  • 1,5 liter santan
  • 1 buah vanili
  • garam secukupnya
Cara membuat Kue pisang Tradisional
  1. kupas pisang yang sudah direbus kemudian potong miring atau sesuai selera
  2. cairkan tepung hunkue dengan sebagian dari santan.
  3. didihkan sebagian santan,gula,gara,vanili, kemudian masukan larutan tepung hunkue dan aduk hingga mengental dan matang.
  4.  siapkan daun pisang untuk membungkus, ambil 1 sdm adonan tepung selagi masi panas, taruh pisang diatas adonan . kemudian bungkus.
  5. biarkan adonan dingin dan mengeras(lebih baik didinginkan dengan lemari es)
  6. setelah jadi kue pisang tradisional ini siap untuk disajikan.
sekian tadi mengenai sedikit resep kreasi kue pisang tradisional sebagai salah satu tambahan resep kue untuk ibu sekalian bisa dimanfaatkan untuk mengisi cemilan keluarga sembari minum teh atau kopi. maka kehangatan keluarga bisa semakin bertambah. sekian terimakasi telah membaca resep aneka kue.

No comments:

Post a Comment